Bagaimana Mengatasi Perut Kembung? Simak Caranya

Journalinti.id – Apakah kamu pernah mengalami perut terasa kembung? Perut kembung umumnya terjadi karena terlalu banyak makan atau terlalu banyak minum. Namun ternyata hal lainnya juga bisa menjadi penyebab perut┬ákembung.

Perut kembung atau disebut juga dengan bloating adalah suatu kondisi yang bisa dibilang ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun bagaimana jika perut kembung tak kunjung sembuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab kembung umumnya karena terlalu banyak makan, namun bisa juga disebabkan karena hal-hal berikut ini:

  • Banyaknya gas dalam perut
  • Makan terlalu cepat
  • Sering mengunyah permen karet
  • Minum minuman bersoda
  • Produksi gas oleh bakteri dalam perut

Seseorang juga bisa menelan lebih banyak udara karena berbagai faktor berikut ini:

  • Memiliki gigi palsu yang longgar
  • Makan atau minum terlalu cepat
  • Mengonsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda
  • Mengunyah permen karet
  • Merokok
  • Mengonsumsi makanan tertentu, seperti brokoli, kentang, jagung, dan kacang-kacangan
  • Mengonsumsi berbagai produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt
  • Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat diabetes dan obat pencahar

Selain faktor-faktor di atas, perut kembung juga bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu, seperti:

  • Divertikulitis
  • Giardiasis
  • Penyakit celiac
  • Kanker ovarium
  • Penyakit radang usus
  • Sindrom usus pendek
  • Ileus paralitik
  • Skleroderma yang menyerang usus
  • Pertumbuhan bakteri di usus kecil yang berlebih
  • Gangguan dalam mencerna zat gula pada susu dan produk sejenisnya atau intoleransi laktosa
  • Gangguan dalam mencerna pemanis alami pada madu dan buah-buahan atau intoleransi fruktosa

Cara Meredakan Perut Kembung

1. Perbanyak Aktivitas Fisik

Perut kembung bisa terjadi karena tidak ada aktivitas fisik yang terjadi setelah makan sehingga makanan ditumpuk dan pencernaan melambat. Agar makanan lebih cepat diproses oleh sistem pencernaan dan metabolisme meningkat, olahragalah setelah makan seperti jalan kaki 30 menit atau beres-beres meja makan.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Mengandung Potasium

Sebaiknya kurangi memilih makanan yang berlemak, bersantan, asin dan pedas karena memicu perut kembung. Semakin banyak makanan asin yang dikonsumsi, maka semakin besar kemungkinan mengalami perut kembung. Buah-buahan kaya potasium seperti pisang, melon, semangka, jeruk dan tomat sangat baik dimakan karena membantu mengatasi perut kembung.

3. Minum Cukup Air Putih

Sebelum makan, sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu. Kemudian beri jeda 10 menit sebelum makan makanan. Minum banyak air putih akan membantu mengurangi nafsu makan sekaligus membantu mencegah makan berlebihan. Minum air putih yang cukup juga membantu membuang sampah atau sisa makanan di dalam perut agar tidak menimbulkan gas.

4. Hindari Makanan dan Minum Pemicu

Untuk mencegah perut kembung, sebaiknya hindari makanan dan minuman penyebab perut bergas seperti kopi, brokoli, kembang kol dan kubis. Kandungan asam pada kopi bisa menyebakan perut kembung apalagi diminum saat perut kosong. Begitu pula sayuran yang sudah disebutkan, ternyata mampu menghasilkan gas di perut meskipun sebenarnya kaya nutrisi dan sehat. Beberapa orang rentan mengalami sendawa berlebih dan perut kembung jika mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

5. Makan Makanan Berserat

Saat perut kembung, itu pertanda bahwa kamu kurang makan makanan berserat. Pilihlah makanan kaya serat, misalnya nasi merah, sayuran hijau, dan buah segar. Beberapa makanan seperti yogurt, wedang jahe, jamu kunyit, buah pepaya, mentimun dan alpukat bisa mengatasi perut kembung dan membantu mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut. (vv)